Tips Meningkatkan Alexa Rank Blog Anda

Saat mulai membuat blog ini saia tidak tahu apa-apa tentang Alexa Rank. Sampai suatu saat ada teman yang hobinya nge-blog nanya, "Eh Rangking Alexa-mu berapa?". Dalam hati saia bertanya-tanya... Apa itu Alexa? Akhirnya cari-cari deh di google. Ternyata bagi blogger Alexa Rank lumayan penting dan diperhitungkan. Dari sini mulailah saia mencari cara bagaimana meningkatkan Alexa Rank. Cara yang saia temukan antara lain :


  1. Meningkatkan traffic pengunjung web kita. Karena ide awal dari Alexa rank adalah untuk menentukan website mana yang memiliki traffic paling banyak dengan asumsi, semakin banyak traffic, suatu web itu pasti adalah web yang populer. Alexa Rank pada dasarnya adalah ranking popularitas suatu website.
  2. Menginstall Alexa Toolbar pada browser. Menggunakan browser yang terinstall toolbar Alexa bisa meningkatkan ranking website kita. Sebenarnya bukan hanya website kita, setiap website yang dikunjungi browser yang terinstall toolbar Alexa juga mendapat “nilai” yang akan diperhitungkan dalam ranking. Kalau browser kita sudah terinstall Alexa toolbar, maka penambahan point ranking akan terjadi secara otomatis.
  3. Memasang Alexa widget dalam website kita. Alexa site stat ini mengandung javascript yang mengantarkan setiap data pengunjung (ping) ke server Alexa sehingga statistik Alexa menjadi lebih akurat.
  4. Posting yang membahas tentang Alexa. Karena pasti banyak orang yang penasaran dengan alexa, sama seperti anda yang membaca posting ini.

Apa sih untungnya meningkatkan Alexa Rank? Ada beberapa website layanan iklan komersil yang memberikan syarat ranking Alexa dalam batasan tertentu. ReviewMe, Text Link Ads dan Sponsored Reviews adalah 3 diantaranya dan masih banyak lagi. Meskipun kita tidak ingin menggunakan layanan iklan komersil atau tidak ingin menjadikan blog kita sebagai monetize blog, peningkatan ranking Alexa bisa dipandang sebagai upaya untuk melakukan sedikit optimasi yang bisa bermanfaat bagi kualitas blog.

1 comments - Add Yours

Ujang Rohidin mengatakan...

thaks tips nya....... kalo boleh tukar link nya.......!!

Posting Komentar